Kamis, 03 Maret 2011

BORA-BORA ISLAND

Bora Bora adalah salah satu pulau di kepulauan Tahiti, French Polynesia. Salah satu pulau yang dikelilingi oleh lagoon berwarna biru, hijau turquoise di sekeliling main island, dan di tengah-tengah pulaunya terdapat 3 gunung berapi. Kepulauan di Tahiti ini sebagian besar terjadi karena letusan gunung berapi yang terjadi ratusan atau ribuan tahun yang lalu yang pada akhirnya membentuk pulau-pulau beserta lagoon-lagoon di sekelilingnya. Karena lagoon yang sangat indah inilah banyak pengarang-pengarang, salah satunya, James Michener, menyebut Bora Bora sebagai "the most beautiful lagoon in the world." Banyak sekali artis-artis hollywood yang sering vacation ke pulau ini, antara lain, John travolta, Eddie Murphy and Tracey Edmonds dan yang lain-lain. Bahkan ada diantara mereka yang sudah menjadi langganan salah satu Luxury Hotel di Bora Bora ini.

Sesampainya di airport kita langsung disambut oleh representative dari hotel tempat kita menginap, Bora Bora Nui Resort & Spa. Disini kita dikalungin flower lei lagi, trus setelah mereka selesai mengurus koper-koper kita, perjalanan dilanjutkan ke hotel dengan private boat milik Bora Bora Nui. Surprise banget soalnya kita adalah satu-satunya tamu yang mereka jemput di airport, jadi di dalam boat juga isinya cumin kita berdua (disamping nahkoda dan petugasnya). Di dalam kapal kita diperlakukan seperti tamu special, selain ditawarin minuman apa yang kita inginkan, mereka juga menyediakan snack-snack yang dapat dinikmati sepanjang perjalanan ke hotel yang memakan waktu kira-kira 20 menit.

Sepanjang perjalanan ke hotel kita sangat takjub melihat keindahan beragam warna lagoon di Bora Bora ini. Sungguh suatu ciptaan Tuhan yang luar biasa indahnya sampai kami berkali-kali berdecak kagum melihatnya. Sampai di hotel, kita disambut dengan ramah oleh petugas receptionist hotel tersebut, tentunya dengan bahasa Inggris kurang lancar. Orang-orang local bercakap-cakap dengan bahasa local mereka (Tahiti), disamping itu mereka juga biasa menggunakan bahasa French karena kepulauan ini dimiliki oleh Negara Perancis.

Karena hari sudah sore maka kita memutuskan untuk menikmati keindahan hotel kita yang cukup luas dengan overwater bungalownya yang eksotik sembari duduk-duduk di pinggir pantai menikmati sunset. Hotel kita terletak di sebuah motu (pulau) sebelah barat pulau utamanya, Bora Bora. Untuk pergi ke main island, kita harus menggunakan boat yang kebetulan disediakan oleh hotel kita setiap 30 menit sekali. Setelah senja tiba maka kita memutuskan untuk melihat-lihat ke main island sambil mencari makan malam disana. Kebetulan itu memang jam makan malam, maka banyak sekali pengunjung hotel yang juga akan pergi ke main island. Sewaktu di boat, kita sedikit heran karena diantara tamu-tamu kok cuman kita sendiri yang pakaiannya santai, yang lain sudah rapi-rapi dress-up seperti mo menghadiri acara penting. Wah…. Saya juga bingung mereka ini pada mau ngapain, tapi dari menguping pembicaraan mereka, tampaknya mereka juga cuman mau makan malam, tapi kok mereka rapih banget ya??

Sesampainya di Vaitape, pelabuhan dari Bora Bora, kita melihat semua tamu hotal sudah dijemput oleh mobil-mobil dari restaurant dimana mereka sudah make reservation. Lah…. Tinggal kita berdua celingak celinguk nggak tau tujuan, mana hari sudah petang, dan tidak ada apa-apa di sekitar pelabuhan kecil itu. Kami memutuskan untuk bertanya kepada orang setempat bagaimana caranya untuk jalan-jalan di Bora Bora ini. Ternyata…. Jam-jam segitu sudah tidak ada transportasi umum, jadi mobil-mobil yang kita lihat itu adalah mobil charteran ataupun milik restaurant sekitar untuk menjemput para tamu-tamu yang akan menikmati makan malam di restaurantnya. Hahaha, tertawalah kita, pantes saja semua tamu yang lain kok rapi-rapi ternyata mereka semua sudah mempersiapkan dari sebelumnya restaurant mana yang dipilih untuk menghabiskan malam di pulau yang sangat cantik ini.

Kita benar-benar seperti orang hilang, hehe, ga tau tujuan dan arah, maupun restorant mana yang akan kita pilih buat makan malam. Tetapi untungnya saya ingat pembicaraan para tamu-tamu di boat tadi, ada yang menyebutkan salah satu restaurant yang katanya enak, maka kami menunggu jemputan mobil dari restaurant tersebut dan berbicara kepada sopirnya kalo kami tidak memiliki reservation, apakah mungkin untuk makan di restaurant tersebut. Setelah ditelponkan ke restaurantnya, sang sopir mengatakan bahwa masih ada tempat buat kita untuk menikmati hidangan makan malam disana. Begitulah kisah malam pertama kita di pulau Bora Bora ini  Lumayan lucu kalo diingat2, jadi meninggalkan kenangan yang tersendiri….

Di salah satu hari yang cerah, dimana matahari bersinar dengan teriknya, kita memutuskan untuk ikut Honeymoon private tour dimana kita berdua dan satu guide akan melakukan activitas2 yang merupakan "MUST DO' ketika anda mengunjungi Bora Bora. Antara lain adalah, Lagoon tour, Stingray feeding, skorneling di coral garden, Shark feeding dan juga yang tidak ketinggalan, Private motu picnic.

Kita dibawa ke suatu tempat dimana banyak sekali stingray disana. Untuk pertama kalinya kita berenang bersama stingray. Sayang sekali waktu itu saya tidak membawa underwater camera yang bagus, cuman ada disposable camera yang ternyata hasilnya rada mengecewakan.

Kapal diarahkan menjauhi lagoon sampai keluar dari reef karena shark hanya bisa ditemukan di laut dalam. Ketika tiba saatnya untuk shark feeding, ternyata guide kita memanggil shark dengan cara merobek-robek ikan kecil sehingga darah segarnya mengundang shark untuk datang. Sesaat setelah shark mulai berdatangan, guide tersebut menyuruh kita untuk berenang di laut bersama shark…. Uhmm, kita langsung berpandang-pandangan satu sama laen. Wah ngeri juga masa suruh berenang bersama shark? Tapi karena guide tersebut meyakinkan kita bahwa akan aman-aman saja, maka setelah guide tersebut lompat ke laut kita mengikuti dia berenang di laut lepas di mana terdapat hiu di sekeliling kita…. Awalnya memang takut, tapi terbukti hiu tersebut memang tidak menyerang kita, pengalaman yang luar biasa yang bisa memicu adrenaline naik sesaat sebelum saya lompat ke laut. Disinilah saya juga bertemu dengan sea turtle, dan melihat keindahan kedalaman laut yang begitu jernih airnya

Tak lupa juga kami makan siang di private motu yang benar-benar tidak berpenghuni. Sementara guide kita mempersiapkan makanan-makanan yang akan disajikan berserta setting tempat duduknya, kita bisa menjelajah pulau tersebut dan juga main-main air di pantai yang berpasir putih tersebut. Makan siang yang salah satu menunya Lobster bakar ini terasa begitu lezat, ditambah juga karena perut juga lapar setelah banyak berenang di laut.

Akhir kata, One day honeymoon private tour ini benar-benar berkesan sekali bagi kita. Walaupun bisa dikatakan ini adalah salah satu hari yang paling mahal di sepanjang hidup saya selain hari wedding kita:D tapi kita tidak menyesal karena memang benar2 suatu pengalaman yang tak terlupakan. It does come with the price.

Maaf foto2 saya kurang bagus, kalo mo melihat foto Bora Bora yang perfect bisa dilihat di disini pasti anda juga akan berdecak kagum.

3 komentar:

  1. hmm..
    mw nanya nih..
    gimana caranya ke pulau bora bora ya?
    dari mana berangkatnya kalau dari indonesia..
    soalnya mw ada rencana ke sana..
    can u help me please?
    thanks..
    hmm..
    mw nanya 1 pertanyan lagi ada tour tdk ya utk k sana?
    thanks.
    :)

    BalasHapus
  2. The Bora-Bora Island is one of my dream destination. :)

    BalasHapus
  3. oeik.. mantab ini,, kira2 untuk akomodasi kesono, selama seminggu abiz berapa ya..???

    BalasHapus